sejarah perkembangan virus komputer


Sejarah Infection (Virus) Komputer hingga 1989

lapakteknologi--Penulis fiksi ilmiah David Gerrold menulis "When H.A.R.L.I.E. Was One" dan menerbitkannya pada tahun 1972. Di dalamnya, sebuah program komputer yang disebut "Infection" menyebar dari komputer ke komputer, sebelum akhirnya dimatikan oleh program lain, yang disebut "VAKSIN." Sama seperti satelit komunikasi, pendaratan di bulan, dan dasar air, fiksi ilmiah meramalkan masa depan.

Program pertama yang benar-benar menyebar dari satu komputer ke komputer lain muncul sekitar waktu yang sama. Infection Creeper menginfeksi sistem di seluruh Arpanet, jaringan komputer yang akhirnya menjadi Web yang kita kenal sekarang. Yang cukup menarik, program Collector yang dirancang untuk membunuh infection Creeper juga merupakan infection.

Infeksi infection skala luas pertama adalah Elk Cloner pada sistem komputer Apple II pada tahun 1981. Karena Apple II menyimpan sistem operasinya pada floppy plate, sangat mudah untuk menginfeksi sistem, dan sejumlah besar infection ditulis untuk komputer Apple.

Lima tahun kemudian, infection PC pertama mulai muncul, dimulai dengan The Pakistani Mind. Itu ditulis oleh sepasang saudara di Pakistan.

1987 melihat infection boot-sektor pertama, seperti Yale, Ping Pong, dan Stoned. Infection sektor boot menginfeksi komputer jika plate yang terinfeksi tertinggal di drive dengan daya mati. Infection Yerusalem juga muncul pada tahun yang sama, dan merupakan salah satu infection pertama yang memiliki muatan destruktif—jika infection itu berjalan pada hari Jumat tanggal 13, itu akan merusak semua document yang dapat dieksekusi di komputer.

Robert Tappan Morris membuat sejarah komputer pada tahun 1988. Worm komputernya adalah salah satu yang pertama mengeksploitasi kesalahan "Cradle Overwhelm", dan menyebar dengan cepat ke seluruh jaringan. Itu akan berjalan beberapa kali pada sistem yang terinfeksi, akhirnya menghilangkan apa play on words di sistem itu. Cacing itu membuat Web bertekuk lutut sampai ditemukan dan dihapus.

Sejarah Infection (Virus) Komputer sejak 1989-1999 

Worm Web Robert Morris tahun 1988 adalah berita terbesar dalam sejarah infection selama beberapa tahun. Sampai tahun 1992, sebagian besar berita infection jauh lebih tenang.

Pada tahun 1989, misalnya, Ghostball dirilis. Ini adalah infection pertama yang mampu menyerang berbagai jenis target. Sebelum Ghostball, infection diklasifikasikan berdasarkan serangannya, seperti "record infector" atau "boot area infection." Ghostball adalah infection Multipartite pertama, karena dapat mengikuti beberapa pola serangan.

Pada tahun 1990, seorang software engineer bernama Imprint Washburn mendemonstrasikan infection Polymorphic yang disebut 1260. Infection ini sebenarnya dapat mengubah struktur kodenya sendiri—artinya, setiap kali menginfeksi sistem baru, ia tampak berbeda saat melakukan hal yang sama. Akibatnya, infection jenis ini "bersembunyi" dari perangkat lunak against infection dengan menyamar.

Michelangelo adalah infection pertama yang mencapai ketenaran. Ditemukan pada tahun 1991, dan diperkirakan akan menyebabkan kerusakan yang luar biasa ketika mencapai tanggal pemicunya, 6 Maret 1992 (6 Maret adalah hari ulang tahun Michelangelo). Jika sistem yang terinfeksi di-boot pada tanggal 6 Maret, infection akan menghapus hard drive. Meskipun peringatan hari kiamat dibuat oleh pers dan industri antivirus "setidaknya lima juta sistem yang terinfeksi berisiko," hanya sekitar 10.000-20.000 komputer di seluruh dunia yang terkena infection.

Infection Konsep ditemukan pada tahun 1995. Konsep adalah kependekan dari "Evidence of Idea," dan dirancang untuk menunjukkan bagaimana infection dapat ditulis dalam bahasa makro yang diprogram ke dalam Microsoft Word. Pada tahun 2004, sekitar 75% dari semua infection adalah infection makro.

Infection CIH, kemudian berganti nama menjadi "Chernobyl," muncul pada tahun 1998. Ini adalah infection yang sangat merusak yang tidak hanya diprogram untuk menghapus hard drive tetapi juga mencoba untuk menghapus chip Profiles. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebuah infection benar-benar berhasil merusak perangkat keras yang dijalankannya. Untungnya, CIH tidak terlalu bagus dalam hal itu, dan hanya merusak beberapa sistem.


baca juga : Cara Mengatasi Lupa Password atau Pola pada Android 

Sejarah Infection (Virus), 1999 hingga 2001 

Infection Melissa adalah kisah besar tahun 1999. Dinamakan setelah penari lap, Melissa adalah infection email besar pertama. Setelah terinfeksi, ia menggunakan Microsoft Viewpoint untuk mengirim salinan dirinya ke lima puluh nama pertama di buku alamat. Maret 1999, melihatnya menyebar di Web, menyumbat worker email ke mana play on words ia pergi.

1999 adalah tahun yang sibuk, dengan infection ExploreZip muncul di Yerusalem pada bulan Juni. Yang ini memiliki document Compress palsu yang dilampirkan bernama "Zipped_Files.EXE." Jika pengguna mengklik dua kali record tersebut, itu akan memasang jendela palsu yang mengatakan "maaf, record compress ini rusak." Itu kemudian akan mengirim email ke semua orang di buku alamat, dan mengikutinya dengan menghancurkan dokumen dan document di hard drive.

Infection LoveLetter, atau "I Love You," menyerang pada Mei 2000. Itu adalah infection email lain, kali ini menggunakan VBScript. Pengguna akan menerima email dengan lampiran yang biasanya disebut "surat cinta-untuk-Anda.txt.vbs". Perhatikan ekstensi ganda di bagian akhir. Banyak sistem Windows tidak akan menampilkan ekstensi, sehingga ".vbs" akan hilang. Pengguna, mengira dia sedang melihat document .TXT, merasa bebas untuk membukanya, dan dengan demikian menginfeksi sistemnya. Infection LoveLetter dikenal luas sebagai serangan infection withering mahal dalam sejarah, dengan perkiraan ahli kerusakan senilai lebih dari sepuluh miliar dolar.

 2001 adalah tahun panji infection. Sadmind pada bulan Mei, Sircam dan Code Red pada bulan Juli, Code Red II pada bulan Agustus, Nimda pada bulan September, dan Klez pada bulan Oktober. Sircam memilih document secara acak dari mesin yang terinfeksi dan mengirimkannya melalui email. Nimda menyerang melalui lima metode berbeda, termasuk lubang keamanan yang dibuka oleh Sadmind dan Code Red II.

 Melalui semua serangan infection ini, banyak pakar komputer menunjuk Microsoft sebagai masalahnya- - karena sebagian besar infection ini menyerang kelemahan keamanan dalam program Microsoft, terutama Web Traveler dan Standpoint.

Sejarah infection (Virus) – 2001 hingga Sekarang

Setelah hiruk pikuk infection yang menghantui 2001, 2002 luar biasa sepi. Sayangnya, 2003 lepas landas lagi.

Januari melihat worm SQL Prison menginfeksi lebih dari 75.000 sistem dalam waktu sekitar sepuluh menit. Itu menyerang cacat di Microsoft SQL Worker, dan pada dasarnya memperlambat seluruh Web.

Cacing Blaster menyerang pada bulan Agustus. Itu dimaksudkan untuk menyebabkan serangan Forswearing of Administration terhadap situs web Pembaruan Windows, dengan menyebabkan semua sistem yang terinfeksi membanjiri situs tersebut pada tanggal 15 Agustus. Sang software engineer divonis bersalah karena penyidik justru menemukan namanya dalam kode infection.

 Hanya beberapa hari kemudian, SoBig menyerang. Ini adalah infection email lain. Setelah infeksi, ia mencari document di hard drive untuk alamat email dan mengirim dirinya sendiri ke semua yang ditemukan.

 Oktober melihat rilis infection email Calm. Calm terkenal karena akan mematikan program antivirus setelah infeksi.

Infection yang withering cepat menyebar hingga saat ini adalah MyDoom, yang menyerang pada Januari 2004. Pada satu titik, MyDoom bertanggung jawab atas 1 dari setiap 10 email di Web.

 2004 juga melihat wabah infection Clever, Sasser, dan Santy, dan pada tahun 2005, Zotob dan Samy.

 Pada tahun 2006, infection Macintosh operating system/X pertama diumumkan, serta serangan MySpace pertama, "LordoftheNoose," Program ini mengubah nama profil MySpace, dan mengunci pengguna untuk mempertahankan nama yang ditetapkan. Pada satu titik, sebanyak 70% dari semua profil MySpace terinfeksi.

 Sejauh ini pada tahun 2007, infection MySpace lain telah meletus, dan Infection Peacomm menyerang. Peacomm adalah email yang diklaim sebagai klip video.

 Secara historis, sebagian besar infection telah menggunakan rute serangan yang sangat mirip. Entah mereka membawa lampiran yang harus dibuka pengguna, atau mereka memanfaatkan kelemahan yang diketahui dalam sistem yang belum diperbaiki. Moral dari cerita ini adalah: Selalu perbarui pembaruan Anda, dan waspadai lampiran yang tidak biasa.


Baca Juga : Cara Meningkatkan Traffic di Website


1 comment for "sejarah perkembangan virus komputer"