Tutorial Belajar PHP Dasar Untuk Pemula | Lapak Teknologi

 PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang berjalan dalam sebuah web server dan berfungsi sebagai pengolah data pada sebuah server. Data yang dikirim oleh user web / komputer client akan diolah dan disimpan pada database web server dan dapat ditampilkan kembali apabila diakses. Beberapa kelebihan dari PHP adalah tingkat akses yang cepat, tingkat keamanan yang tinggi, mampu berjalan dibeberapa server dan multi platform. Seluruh file php disimpan dengan ekstensi php (.php).

Tools yang dibutuhkan adalah Text Editor (Notepad, Notepad ++, Adobe Dreamweaver, Adobe Brackets, dan lain sebagainya), Web Browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dan lain sebagainya), dan Server (XAMPP, Worm, dan lain sebagainya).

Variabel digunakan untuk menyimpan nilai yang dapat diubah, Sementara Konstanta digunakan untuk menyimpan nilai yang tidak dapat diubah/konstan.

Latihan

tambahkan script php untuk melakukan pengurangan (-), pembagian (/), sisa hasil bagi (%), pangkat, Tampilan :


Ubahlah gambar diatas sehingga dapat menampilkan hasil perhitungan sesuai dengan pilihan, seperti gambar dibawah ini :

Jawab :

Sebelum memulai membahas post test, download aplikasi XAMPP (saya rekomendasikan yang versi 1.8.1), install aplikasi XAMPP dan buka aplikasi XAMPP Control Panel, Start Apache dan MySQL.


Buat folder (untuk penamaan folder jangan dikasih spasi) untuk mentimpan file praktikum yang nanti akan kita kerjakan di c:/xampp/htdocs/ dan untuk menjalankan web yang kita buat, buka web browser dan ketikan alamat localhost/namafolder. Jika berhasil, akan terbuka menu pada web browser seperti pada dibawah ini : 



Jalankan software aplikasi text editor, lalu save lembar kerja yang akan dikerjakan nanti dengan cara menekan Ctrl+Alt+S pada keyboard (maksudnya, tahan Ctrl dan Alt lalu tekan huruf S pada keyboard).

Baca Juga : Alternatif Google Adssense Untuk Blog 2021

Lalu ketik dengan nama terserah, misalkan dikasih nama file tersebut posttest1 (jangan lupa terakhirnya dikasih ekstensi .php). Untuk bagian kotak Save as type, pilih All types (*.*). Selanjutnya, klik tombol Save, Setelah itu, ketik script berikut ini :


Keterangan :

  • <form method=“post”> …. </form> = mengaktifkan fungsi method “post”.
  • Angka 1 : <input type=“number” name=“angka_1”> = membuat sebuah number text bar dengan nama Angka 1 dengan nama fungsi “angka_1” (name=“angka_1”).
  • Angka 2 : <input type=“number” name=“angka_2”> = membuat sebuah number text bar dengan nama Angka 2 dengan nama fungsi “angka_1” (name=“angka_2”).
  • <input type=“submit” name=“TAMPIL” value=“=”> = membuat fungsi tombol OK dengan nama fungsi “TAMPIL” (name=“TAMPIL”) dan dengan nama yang akan diletakan didalam tombol “=” (value=“=”).
  • <input type=“reset” value=“C”> = membuat fungsi tombol OK dengan nama yang akan diletakan didalam tombol “C” (value=“C”).
  • <?php ………. ?> = mengaktifkan bahasa PHP.
  • extract ($_POST); = memanggil fungsi method “post” (<form …….. method=“post”>).
  • if (isset ($TAMPIL)) = memanggil fungsi “tampil” (isset ($TAMPIL) dan memberikan fungsi if – isset pada fungsi “tampil” tersebut.
  • … pow …. = berfungsi untuk mempangkatkan angka yang satu dengan angka yang lainnya.
  • … sqrt …. = berfungsi untuk mengoperasikan akar 2 dari angka yang akan dioperasikan.
  • echo “………”; = membuat sebuah text / kalimat yang nantinya akan ditampilkan pada web browser nanti.
  • …“Hasil + = <input type=’number’ name=‘hasil_jumlah’ value= ‘$jumlah1’>  (misal) = membuat sebuah number text bar didalam fungsi echo dengan nama Hasil + (misal) dengan nama fungsi “hasil_jumlah” (name=‘hasil_jumlah’) dan dengan memanggil fungsi dari $jumlah1 (value= ‘$jumlah1’).

Setelah itu, simpan kembali file .php tersebut dengan cara menekan Ctrl+S pada keyboard. Selanjutnya, jalankan file .php yang baru saja tadi dibuat pada web browser dan ketikan alamat localhost/namafolder pada web browser.

Jika tombol “=” diklik, maka akan muncul seperti pada gambar

berikut ini :



Itulah Tutorial PHP Dasar beserta latihanya serta dengan cara penerapan program PHP kedalam Tools Bahasa Pemrograman, Semoga Bermanfaat Sekiaan Terimakasih.





 

Post a Comment for "Tutorial Belajar PHP Dasar Untuk Pemula | Lapak Teknologi"